Kamis, 16 Februari 2017

TEXTURING UNWRAP UVW MAP




Pada tutorial ini seblumnya kita dituntut perlu memahami penggunaan dasar 3dsmax terlebih dahulu.
Unwrap UVW hanya digunakan untuk mencocokkan sisi dengan texture yang tepat.

Ada 8 langkah yang akan saya jelaskan bagaimana texturing object menggunakan Unwrap UVW.

Teknik ini dapat di gunakan untuk hampir semua objek yang perlu di beri texture, terutama jika kita ingin texturing model yang memiliki poly rendah, contohnya seperti object model untuk game Developer.

Pertama, kita perlu membuat sebuah objek yang akan kita beri texture. Untuk tujuan tutorial ini, kita akan menggunakan object kerucut segitiga yang sederhana.

Buka 3dsmax dan kerucut segitiga kerucut di Top Viewport.
Lalu, klik pada tab Modify.

perhatikan Nilai-nilai ini: 

Radius 1 = 50, Height = 80, Hight Segments = 1 dan Sides = 3. 

Kita akan mendapatkan objek seperti gambar di bawah.

Kita akan memberikan tekstur yang berbeda untuk setiap sisinya menggunakan UVW Map.

Mungkin sebagian dari pembaca berpikir objek ini dapat di texturing menggunakan Multi-subobject Material. Ya, bisa! Tapi kita harus menerapkan UVW Map modifier untuk setiap sisi sub-object dan harus menyesuaikan UVW Gizmo di setiap sisi nya. Saya fikir hanya akan  menjadi hal yang membuat frustasi untuk di terapkan.


Ok, kita akan mulai menggunakan Unwrap UVW untuk texturing object :




Bersambung.....!!!

Contact

Talk to us

Address:

Kedung Jiwa Rt.05 Rw.06 No.75 Kedung Waringin, Bojong Gede, Bogor

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

0856-973-1411 / 0821-1362-3631